Makam Raja Sidabutar Tomok

Makam Raja Sidabutar Tomok

Pulau Samosir tak hanya terkenal dengan keindahan Danau Toba saja, akan tetapi menjadi satu dari sekian daerah yang menjadi pusat kebudayaan Batak.

Salah satunya adalah Makam Raja Sidabutar yang berlokasi di Desa Tomok.

Raja Sidabutar adalah Raja Ompu Tolu Sidabutar yang menjadi tokoh Batak dan dan memimpin di daerah Tomok sehingga dianggap warga sebagai orang yang menemukan Tomok pertama kali.

Adapun sejarah dari Raja Sidabutar ini adalah seorang pemimpin yang memiliki kesaktian mandraguna, sehingga ia disegani oleh raja raja lain.

Yang menjadi unik dari pemerintahannya adalah Raja Sidabutar sudah menyiapkan pemakaman untuk dirinya sendiri dimana seorang pemahat dari Samosir ditugaskan untuk membuat makam sesuai dengan keinginannya.

Termasuk menyiapkan upacara khusus dan sebelum pembuatan makam tersebut dimulai.

Makam Raja Sidabutar serta keluarganya sering didatangi wisatawan ditambah lagi lokasinya cukup strategis yaitu di desa kecil yang terletak di pesisir timur Pulau Samosir.

Enaknya, pengunjung yang datang kesana juga akan disuguhi dengan beberapa makam makam kuno lainnya yang disertai dengan benda benda peninggalan zaman dulu.

Nah, bagi mereka yang ingin mengenal sejarah budaya Batak lebih dalam sangat cocok untuk mengunjungi daerah ini.

Apalagi, tempatnya sangat terjaga dan asri karena dirawat dengan baik oleh penduduk lokal.

Sudah tentu, setiap daerah pasti memiliki aturan khusus yang harus dipatuhi oleh pengunjung.

Termasuk, mereka yang akan melihat kompleks pemakaman Raja Sidabutar seperti ‘wajib’menggunakan ulos.

Eits, jangan keburu bingung dulu karena tak sempat membawa atau tidak memilikinya karena ulos ini akan dipinjamkan untuk dipakai selama mengunjungi makam tersebut.

Adapun tujuannya adalah agar pengunjung menghormati serta menghargai adat Batak.

Lagipula, lambang dari ulos itu sendiri menyatakan kesopanan.

Tak hanya berhenti disitu saja, pengunjung juga akan diajari cara menggunakannya yaitu diletakkan menyelempang di bahu kanan secara silang.

Jika tidak, menurut kepercayaan masyarakat setempat pengunjung yang ceroboh atau tidak mematuhi aturan akan didatangi Raja Sidabutar dalam mimpi.

Makam Raja Sidabutar ini cukup unik dimana beberapa makam berbentuk sarkofagus yaitu makam yang diletakkan diatas permukaan tanah.

Berbeda dengan pemakaman pada umumnya yaitu dikubur kedalam tanah. Jika diperhatikan lebih detail, maka makam Raja Sidabutar memiliki pahatan wajah yang mirip dengan Raja Sidabutar.

Diperkirakan peti batu ini berusia 460 tahun dimana pada bagian atasnya terdapat selembar kain berwarna putih dan merah.

Sekilas daerah pemakaman ini tidak berbeda dengan pemakaman biasa, namun bila pengunjung mengetahui sejarahnya maka suasana akan berbeda.

Adalah kisah cinta seorang gadis bernama Anting Malela Boru Sinaga dengan Raja Ompu Naibatu Sidabutar yang harus dilewati dengan masa pertunangan  selama 10 tahun.

Namun, tidak hanya Raja Sidabutar saja yang tertarik dengan kecantikan sang gadis, namun banyak raja lainnya yang sebenarnya tertarik. Sehingga, para raja yang ditolak oleh sang gadis menggunakan ilmu hitam dan membuat Malela gila serta lari ke hutan.

Raja sendiri menikah dengan gadis lain meski demikian, ia tidak melupakan kisah cintanya dengan Malela dengan cara memahat patung Malela diatas makam batunya.

Sungguh romantis bukan?

Oh ya, bagi pengunjung yang ingin melihat lokasi makam Raja Sidabutar Tomok dan menikmati keindahan wisata lainnya dengan nyaman dan aman bisa bergabung dengan agen perjalanan.

Sebagai salah satu Travel Agent di Medan, Aulia Travel yang siap mengakomodasi segala keperluan Anda.

Tersedia berbagai paket yang bisa disesuaikan dengan anggaran yang anda miliki.

Tak hanya itu, agar liburan semakin menyenangkan maka staf pemandu yang sudah berpengalaman siap membantu Anda.

Jadi, tunggu apalagi?

(Sumber foto: http://www.dimedan.co/)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *