Menikmati Oleh Oleh Khas Toko Paten Siantar

Menikmati Oleh Oleh Khas Toko Paten Siantar

Tak lengkap rasanya jika tak membawa oleh oleh yang merupakan ciri khas dari satu daerah terutama makanan.

Begitulah yang ada di pikiran para wisatawan baik mancanegara maupun lokal. Maka tak heran, demi berburu kuliner tersebut mereka rela mencari informasi baik dari internet maupun surat kabar atau brosur dari biro perjalanan.

Salah satu oleh oleh yang tak bisa dilewatkan begitu saja adalah cemilan dari Kota Siantar yang tidak hanya terkenal dengan berbagai situs peninggalan bersejarah akan tetapi berbagai kuliner pun bisa menjadi pilihan menarik.

Enaknya tak perlu repot karena ada toko yang menyediakan yaitu Toko Paten Siantar. Ya, nama ini tak asing lagi bagi masyarakat karena memang menyediakan berbagai jenis kue terutama yang menggunakan bahan kacang dan dodol.

Kalau dilihat sekilas, memang bangunan Toko Paten ini tak lebih dari rumah biasa karena memang tak mirip dengan toko roti lainnya yang terkesan modern dengan warna atau aksesoris menarik.

Untungnya, sang pemilik sudah meletakkan plang nama cukup besar sehingga siapa saja bisa melihat toko kue yang legendaris ini.

Apalagi, lokasinya berada di Jalan Bandung no 28 sehingga memudahkan para wisatawan untuk mengunjunginya.

Beberapa armada pun sepertinya sudah bekerja sama dengan pihak toko dimana hal ini bisa dilihat dari banyaknya bus yang singgah di toko ini. Selain itu, memudahkan para pengunjung juga untuk mendapatkan makanan ringan khas Siantar.

Yang menjadi ciri khas dari Toko Paten Siantar ini adalah kue kering. Jenis makanan yang bisa dipilih pun cukup banyak seperti enting enting misalnya. Cemilan ini terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk hingga halus atau kasar kemudian dicampur dengan karamel. Setelah tercampur sempurna, maka campuran ini akan dipotong persegi sesuai ukuran kemasan. Untuk menambah cita rasa atau penampilan, ada beberapa enting enting yang ditambahkan wijen.

Dengan perpaduan bahan yang seimbang serta diolah dengan tepat menghasilkan cita rasa yang lezat dan gurih. Resep atau cara pembuatannya sendiri sudah turun temurun sehingga bisa dijamin tak akan mengubah rasa meski dinikmati saat ini.

Enting enting ini sendiri juga bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan. Bahkan, namanya cukup unik di telinga pengunjung seperti Pang Pang, Ping Ping, Ak Am hingga Teng Teng. Meski demikian, pemberian nama ini bukan tanpa alasan karena masing masing memiliki cita rasa tersendiri. Ada yang gembur saat digigit, namun ada juga yang keras walau sebagian lain renyah saat dikunyah.

Itu sebabnya, pemilik toko memberikan kemudahan bagi pengunjung dengan cara menyediakan tester di etalase sehingga para pembeli bisa mengetahui cita rasa kue sebelum memesannya.  Jadi, tak seperti membeli ‘kucing dalam karung’ bukan?

Bagi yang mereka yang mau merasakan jenis kue lainnya juga tersedia cemilan yang berbahan dodol.

Sama seperti enting enting, kue ini juga bervariasi sehingga lebih baik Anda mencicipinya sebelum memutuskan untuk membeli.

Oh ya, bagi mereka penggemar sirup bisa mencoba sirup Terong Belanda dan Sirup Markisa di Toko Paten Siantar ini. Adapun jenis minuman ini memang cukup terkenal di seluruh Indonesia sehingga sangat sayang bila tak membelinya.

Pemilik toko oleh oleh juga memudahkan pengunjung tak hanya dari lokal saja akan tetapi mereka yang datang jauh jauh dari negara seberang yaitu Malaysia pun turut merasakan hal yang sama.

Tak tanggung tanggung mereka menyediakan pembayaran dengan menggunakan mata uang negara tersebut. Wow, semakin asyik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat via WhatsApp