Tempat Wisata Bukit Lawang Medan

TEMPAT WISATA BUKIT LAWANG MEDAN

Salah satu tempat wisata yang menjadi andalan Sumatra Utara yang wajib anda kunjungi jika berpergian ke Sumatra Utara adalah Tempat Wisata Bukit Lawang Medan. Bukit Lawang Medan ini bahkan sudah tersohor namanya sampai ke Mancanegara. Jadi tak ada salahnya jika anda memilih Bukit Lawang medan sebagai salah satu destinasi wisata anda.

Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga karena tempat wisata ini mengajarkan nilai edukasi pada anak, cocok bagi para orang dewasa yang menyukai tantangan serta bagi para orang tua untuksekedar bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang hijau dan asri.

Kota Medan, merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, hingga tidak salah jika kota Medan sangat ramai oleh orang-orang dari beragam suku dan ras yang berbaur menjadi satu dan melakukan berbagai macam aktivitas setiap harinya yang menimbulkan rasa lelah pada tubuh dan juga jenuh bagi pikiran. Penawar bagi keadaan orang-orang kota yang demikian adalah berwisata, salah satunya ke Bukit Lawang Medan. Ada beberapa alasan mengapa anda memang harus mengunjungi Bukit Lawang Medan yang terletak di Kacamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utama ini jika anda sedang berada di Sumatra Utara, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pemandangan yang hijau alami karena merupakan pintu dari Taman Nasional Gunung Leuser, sesuai dengan namanya “Bukit Lawang” yang artinya “Bukit Pintu”, tempat ini juga menjadi pintu bagi hutan Taman Nasional Gunung Leuser sehingga tak heran jika anda akan disuguhkan oleh pemandangan hijau dan sungai yang berair jernih. Bukit Lawang dengan luar lebih dari dua juta hektar ini juga merupakan rumah bagi aneka flora dan fauna .
  2. Selain aneka flora yang menjadikan pemandangan indah pada Bukit Lawang Medan, tempat yang terletak sekitar 120 KM dari pusat kota Medan ini juga merupakan rumah bagi ribuan satwa langka yang tak akan anda lihat di sekitar anda seperti Orangutan yang menjadi daya tarik utama tempat ini, ada juga gajah, badak, babi hutan, harimau, burung, monyet dan hewa-hewan langka lainnya. Karena menjadi tempat bagi konservasi Orangutan, lebih dari ribuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke tempat ini setiap tahunnya untuk melihat sendiri salah satu hewan khas di Indonesia ini mengingat Orangutan kini jumlahnya sudah semakin terancam karena penjualan liar serta pemeliharaan pribadi. Selain hanya melihat saja, anda bahkan berkesempatan untuk turut serta dalam kegiatan memberi makan Orangutan yang biasanya dilakukan pada pukul 10 pagi dan pukul 4 sore. Jangan lewatkan momen ini jika anda sedang liburan di Bukit Lawang Medan ya.
  3. Selain menarik dengan pemandangan alamnya dan aneka fauna langkanya, Bukit Lawang Medan juga menarik dengan sungai berair jernih dan dinginnya. Anda dapat berjalan-jalan di pinggiran sungai sambil bercakap-cakap atau sekedar duduk di pinggiran sungai sambil menikmati makanan. Anda juga bisa mandi sepuasnya.
  4. Tak hanya bisa mandi-mandi, sungai ini juga memiliki area yang cocok untuk anda yang menyukai tantangan karena juga disediakan arena rafting atau arung jeram. Uniknya, jika biasanya arung jeram dilakukan dengan menaiki perahu karet dengan jumlah penumpang 5-7 orang, namun mengingat area jeram yang ahrus diarungi tidak lebar, maka perahu karet diganti dengan ban yang muat untuk satu orang. Olah raga ini benar-benar tidak boleh dilewatkan ya.
  5. Trekking. Melihat luas dan beragamnya flora serta fauna di Bukit Lawang Medan ini, anda pasti penasaran ini menelusuri keindahan dan keunikannya. Untuk itu disediakan area trekking dimana anda bisa menelusuri Bukit Lawang Medan sambil berkemah untuk bisa melihat sendiri Orangutan, satwa langka lain dan juga aneka flora di Bukit Lawang Medan di habitat alami mereka. Biaya yang ahrus anda bayarkan untuk trekking ini sudah termasuk seluruh peralatan kemah dan makan, izin serta biaya pemandu. Anda tetap membutuhkan bantuan dari pemandu apalagi jika anda ingin melihat satwa tertentu. Adapun trekking dapat dilakukan baik di siang hari atau jika ingin yang lebih menantang, anda juga bisa melakukan trekking di siang hari.
  6. Anda dan keluarga yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatri karena terdapat banyak tempat penginapan dengan harga bervariasi sesuai fasilitas dan budget anda. Anda juga bisa menemukan warung makanan serta toko-toko souvenir untuk membeli beragam kerajinan tangan khas dari Sumatra Utara yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman anda.
  7. Jangan lewatkan untuk mengunjungi gua kelelawar. Sebuah gua yang menjadi salah satu tujuan wisata di Bukit Lawang Medan ini memiliki ribuan kelelawar yang siap menyambut kedatangan anda. Jangan lupa membawa alat penerangan jika ingin ke gua kelelawar ya karena di dalam gua belum ada listrik untuk menyalakan lampu
  8. Bagi anda yang suka berfoto, jangan lewatkan berpose ria di atas jembatan layang di Bukit Lawang yang akan membuat teman-teman anda iri, cari spot terbaik anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat via WhatsApp